Berita  

Penggunaan Pelat Putih Kendaraan Belum Mulai, Tunggu Material Pelat Hitam Habis

Penggunaan Pelat Putih Kendaraan Belum Mulai, Tunggu Material Pelat Hitam Habis

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera memberlakukan penggunaan pelat kendaraan berwarna putih dengan tulisan warna hitam.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin.

mengatakan, pelat atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) kendaraan berwarna putih akan mulai digunakan jika bahan untuk pelat berwarna hitam sudah habis.

“Insya Allah jika material spesifikasi lama (pelat hitam) habis maka material baru akan digunakan artinya penggunaan TNKB dengan spesifikasi warna dasar putih dan tulisan hitam sudah kita mulai,” kata Taslim saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Ia mengataan, material untuk pelat berwarna putih juga sudah banyak diproduksi dan digunakan di wilayah Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), Sumatera Utara (Sumut).

Pasalnya, material pelat warna hitam di daerah tersebut sudah habis sehingga mulai digunakan pelat nomor kendaraan warna putih.

“Kita utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, Jatim, Jabar, Sumut,” ucapnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk bersabar dan menunggu perkembangan lebih lanjut dari pihak Kepolisian terkait implementasi pelat kendaraan warna putih.

Baca juga: Pelat Putih Segera Berlaku untuk Kategori Kendaraan Ini, Dilarang Beli di Luar Polri

Baca juga: Polres Bireuen Razia Kendaran Pelat Putih

Sementara untuk kendaraan yang sudah mengenakan pelat hitam dapat terus digunakan hingga masa berlakuknya habis.

“Kendaraan yang sudah menggunakan material lama (warna dasar hitam tulisan putih), akan tetap berlaku sampai dengan masa berlakunya habis,” kata dia.



#Penggunaan #Pelat #Putih #Kendaraan #Belum #Mulai #Tunggu #Material #Pelat #Hitam #Habis

Sumber : aceh.tribunnews.com