Berita  

UIN Ar-Raniry Gelar UM-PTKIN Berbasis Online

UIN Ar-Raniry Gelar UM-PTKIN Berbasis Online

Muhammad Nasir I Banda Aceh

sdhortsoc.org, BANDA ACEH – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) berbasis online menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) Mobile. Ujian tersebut nantinya akan berlangsung selama tiga hari, dimulai sejak 14 hingga 16 Juni 2022 mendatang.

Pada 2022 ini, calon mahasiswa baru yang mengikuti UM-PTKIN di UIN Ar-Raniry sebanyak 8.857 peserta. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan dengan saat sebelum Covid.

Sekretaris Panitia, Fadhli yang juga Kepala Bagian (Kabag) Akademik Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) UIN Ar-Raniry menjelaskan, bahwa semenjak Pandemi Covid-19, peserta tes masuk kampus tersebut mengalami penurunan jumlahnya.

“Sejak pandemi peserta yang mengikuti UM-PTKIN di UIN Ar-Raniry ada sedikit penurunan, hal ini tentu tidak dapat kita elakkan, karena berbagai faktor,” jelasnya, Selasa (14/6/2022).

Pada 2022 ini program studi peminat terbanyak yang ada di UIN Ar-Raniry adalah ekonomi syariah dengan jumlah peserta mencapai 1069. Disusul perbankan syariah 827 peserta, hukum ekonomi syariah 714 peserta dan program studi pendidikan bahasa Inggris sebanyak 544 peserta.

Lanjut Fadhli, tahun ini proses UM-PTKIN masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu berbasis online, namun untuk 2022 ini ada pembaharuan pada aplikasi yang digunakan. Hasil UM-PTKIN ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2022.

“Tahun ini aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tersebut sudah ada pembaharuan, kalau tahun sebelumnya aplikasi SAPA yang menjadi tempat pengaduan peserta tersebut dibedakan dengan aplikasi ujian, tapi pada tahun ini aplikasi SAPA tersebut sudah ada di dalam aplikasi ujian, hal ini tentu untuk memudahkan peserta dalam mengikuti ujian,” tutupnya.(*)



#UIN #ArRaniry #Gelar #UMPTKIN #Berbasis #Online

Sumber : aceh.tribunnews.com