Berita  

Tangkapan Boat Ikan di PPS Lampulo per Hari Capai 130 Ton, Harga Ikan Kualitas Medium Mulai Turun

Tangkapan Boat Ikan di PPS Lampulo per Hari Capai 130 Ton, Harga Ikan Kualitas Medium Mulai Turun

 Laporan Herianto I Banda Aceh

sdhortsoc.org, BANDA ACEH – Memasuki minggu ketiga bulan Juni 2022, setelah tekanan angin badai di tengah laut turun dari 20 Knot menjadi 10 knot, hasil tangkapan boat-boat nelayan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaradja Lampulo, Kota Banda Aceh melonjak drastris.

“Pada hari Kamis (10/6), dari 25 unit boat yang pulang melaut, total ikan yang dibawa pulang dan dilelang di dermaga masih berkisar 61,2 ton. Pada hari Sabtu (11/6) berikutnya, dari 29 unit boat yang pulang melaut, total ikan yang dibawa pulang dan dilelang mencapai  130,2 ton/hari. Kondisi yang serupa juga terjadi pada hari Minggu (12/6) berikutnya,” ungkap Kepala UPTD PPS Kutaradja Lampulo, Banda Aceh, Fani kepada Serambinews.com, Senin (13/6/2022) di Banda Aceh.

Jenis ikan yang dibawa pulang boat nelayan PPS Kutaradja Lampulo, sebut Fani didominasi lima jenis ikan, yaitu Cakalang 48,8 ton, Selayang 49,8 ton, Tongkol Krai 4,6 ton, Lisong 3,4 ton dan Tuna Yellow Fin 23,4 ton.

• PSDKP Belawan Tangkap Dua Kapal Ikan Berbendera Malaysia

Harga lelang ikan di PPS Kutaradja Lampulo, lanjut Fani, sudah mulai menurun, terutama ikan kualitas medium seperti ikan selayang dan lisong harga lelangnya kini Rp 11.000/Kg, dari sebelumnya Rp 14.000 – Rp 15.000/Kg.

Tapi untuk ikan kualitas premium seperti cakalang dan Tuna Yellow Fin, harga lelangnya masih tetap tinggi mencapai Rp 48.000/Kg.

Harga lelang ikan kualitas premium masih  tetap tinggi, menurut Fani, karena volume hasil tangkapannya masih terbatas, sedangkan permintaan jenis ikan tersebut di pasaran lokal dan luar Aceh masih tinggi.

Contohnya ikan Tuna Yello Fin, hasil tangkapannya berkisar 23 ton per hari, sedangkan permintaan pasar lokal dan luarnya mencapai di atas 50 ton/hari.

Murdani, salah seorang pedagang ikan antar kota yang dimintai penjelasannya mengatakan, produksi dan hasil tangkapan ikan nelayan PPS Kutaradja Lampulo, sejak hari Sabtu dan Minggu melonjak cukup tinggi. Per harinya sudah berada di atas angka 130 ton.

• Hingga Minggu Pertama Juni, Harga Ikan Masih Mahal, Boat Nelayan Lampulo yang Melaut Masih Sedikit

Namun begitu, kata Murdani, harga lelang ikan untuk kualitas premium, seperti ikan cakalang dan Tuna Yellow Fin   masih tetap tinggi di atas Rp 48.000/Kg, tapi ikan kualitas medium, seperti lisong dan selayang dan tongkol kirai harganya sudah menurun menjadi Rp 11.000/Kg, dari sebelumnya Rp 14.000 – Rp 15.000/Kg.



#Tangkapan #Boat #Ikan #PPS #Lampulo #Hari #Capai #Ton #Harga #Ikan #Kualitas #Medium #Mulai #Turun

Sumber : aceh.tribunnews.com