Berita  

Tata Cara Haji Lengkap, Panduan Mulai dari Baca Niat hingga Meninggalkan Ka’bah

Tata Cara Haji Lengkap, Panduan Mulai dari Baca Niat hingga Meninggalkan Ka'bah

Sdhortsoc.org – Melaksanakan haji akan menjadi pengalaman spiritual yang dilakukan oleh umat Islam setidaknya sekali seumur hidup mereka untuk mengekspresikan iman dan takwa umat Islam kepada Allah SWT. Lantas, apa saja tata cara haji?

Meskipun belum bisa melaksankaan ibadah haji, tak ada salahnya jika memahami tata cara haji di bawah ini. Siapa tahu, suatu saat Anda mendapatkan rezeki berlimpah dan bisa melaksanakan sendiri ibadah haji. 

Tata Cara Haji

Di bawah ini adalah tata cara haji lengkap.

Baca Juga:
Siap Layani Jemaah Haji, Kantor Kesehatan Haji Indonesia di Mekah Sediakan Ruang Rawat Inap Hingga Dokter Spesialis

1. Membaca niat untuk menunaikan ibadah haji

Tata cara haji yang pertama tentu saja setiap jamaah harus memulai ibadah haji dengan membaca niat untuk menunaikan ibadah haji. Membaca niat merupakan syarat utama agar ibadah kita diridhoi oleh Allah SWT.

2. Perjalanan ke Mina

Segera setelah melaksanakan sholat subuh, semua jamaah harus menuju ke Mina (sebuah kota di Mekah), di mana mereka tinggal sepanjang hari melaksanakan ibadah sholat Dhuhur, Asyar, Maghrib, Isha, dan Subuh.

3. Perjalanan ke Gunung Arafat untuk melakukan Wafuq

Baca Juga:
Haji Wada Artinya Apa? Ini Penjelasan Mengenai Haji Perpisahan

Pada hari kedua haji, hari ke-9 Dhu-al-Hijjah, jamaah haji melakukan perjalanan ke Arafat dari Mina sambil membaca Istaghfar. Setelah mencapai Gunung Arafat, jamaah melaksanakan shalat Duhur dan Asar dikombinasikan dengan doa Qasar di dekat Jabal al-Rahmah dari siang hingga matahari terbenam. Tindakan ini dikenal sebagai Waquf (berdiri di hadapan Allah).



#Tata #Cara #Haji #Lengkap #Panduan #Mulai #dari #Baca #Niat #hingga #Meninggalkan #Kabah

Sumber : www.suara.com