Berita  

6 Fakta Seputar Pemakaman Eril, Tempat Istimewa hingga Warga Boleh Ziarah

6 Fakta Seputar Pemakaman Eril, Tempat Istimewa hingga Warga Boleh Ziarah

Sdhortsoc.org – Putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, sudah ditemukan usai menghilang selama lebih dari 14 hari di Sungai Aare, Bern Swiss. Sempat pasrah, keluarga Gubernur Jawa Barat ini lega jasad sang anak bisa dibawa pulang ke Tanah Air.

Mendengar kabar tersebut, Ridwan Kamil langsung berangkat ke Swiss. Prosesi pemakaman juga akan segera dilakukan dalam waktu dekat dan berikut keenam faktanya.

1. Dimakamkan di Samping Masjid

Makam Eril diketahui berada di sebelah masjid yang akan dibangun sekaligus didesain oleh Ridwan Kamil.

Baca Juga:
Guru SD Geraldine Beldi yang Temukan Jasad Eril: Ibu Dua Anak, Selalu Melihat ke Arah Sungai Aare Bantu Cari Eril

Desain pemakaman Eril dibagikan Ridwan Kamil di media sosialnya. Masjid yang indah itu kemudian diberi nama bagian dari nama Eril, yakni Al Mumtadz.

Ridwan Kamil memanggil Eril dengan sebutan sayang. Gubernur Jawa Barat itu memastikan lokasi makam sang anak sangat istimewa.

“Dear Eril, sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah,” tulis Ridwan Kamil lewat akun Instagramnya, seperti dikutip Sdhortsoc.org, Minggu (12/6/2022).

2. Lokasi Makam di Kampung Halaman Ibu

Istimewanya lagi, makam dari Eril ini berada di kampung ibunda Atalia Praratya, di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung. Ini juga berlokasi di dekat sungai dengan indahnya pemandangan pergunungan.

Baca Juga:
CATAT Rute Perjalanan Pemakaman Eril dari Gedung Pakuan Hingga Cimaung, Lewat Tol Pasteur dan Keluar Tol Soroja

Hal ini juga dibagikan Ridwan Kamil di media sosialnya. Selain mengunggah desain kawasan pemakaman, Kang Emil memastikan jika kawasan itu sangat istimewa bagi Eril.

“Dear Eril, rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz,” lanjut Ridwan Kamil.

3. Tanah Makam Milik Mertua Ridwan Kamil

Atalia meninjau lokasi makam Eril dengan beberapa staff. Dikabarkan bahwa area seluas lima hektar ini milik mertua Ridwan Kamil. Hal tersebut dikonfirmasi mantan Kepala Desa Pasirhuni, Dadang Setia Permana.

4. Jadwal Pemakaman Eril

Diketahui, jenazah Eril direncanakan tiba di Gedung Pakuan, Kota Bandung pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 22.00 WIB. Sementara pemakamannya akan dilakukan pada Senin (13/6/2022) di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Keluarga Ridwan Kamil mempersilahkan warga datang ke Gedung Pakuan untuk berdoa dan salat jenazah mulai Minggu malam pukul 23.00 WIB hingga Senin (13/6/2022) pagi pukul 08.00 WIB.

“Kalau misal ada masyarakat berkenan menshalatkan dibuka pukul 23.00-08.00 pagi hari,kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya.

5. Rute Perjalanan ke Makam Eril

Sebelumnya, Wahyu mengatakan jika pihaknya sudah menyiapkan rute perjalanan ke pemakanan putra sulung Gubernur Ridwan Kamil itu di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6/2022).

“Rangkaian enggak panjang. Rutenya dari Gedung Pakuan, ke Jalan Wastukencana, masuk Tol Pasteur keluar Tol Soroja kemudian menuju Cimaung. Itu dapat mengantisipasi atau jalur alternatif jika terjadi kemacetan,” katanya.

Ia berharap dengan penetapan waktu dan rute itu, siswa dan pekerja tidak terganggu karena perjalanan menuju pemakaman baru jam 9 pagi.

Pihaknya juga mengimbau kepada keluarga agar tidak berangkat dari Gedung Negara Pakuan jika ingin ikut serta dalam proses pemakaman Eril.

6. Warga Diperbolehkan Ziarah

Wahyu juga mengatakan warga diperbolehkan mendoakan atau ziarah kubur secara langsung di pemakaman Eril, seusai prosesi atau acara pemakaman selesai dilakukan.

“Lokasi pemakaman masih dibuka, bapak/ibu masyarakat yang berkenan ziarah kubur dibuka sampai sebelum Maghrib, jam 17.45 WIB,” jelas Wahyu.

“Kemudian, untuk selanjutnya masyarakat ingin ziarah kubur pada Selasa-Minggu pukul 08.00 sampai 17.00 WIB yang melakukan ziarah kubur dipersilakan,” tandasnya.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti



#Fakta #Seputar #Pemakaman #Eril #Tempat #Istimewa #hingga #Warga #Boleh #Ziarah

Sumber : www.suara.com