Berita  

Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa? Cek Jadwal Puasa di Bulan Dzulhijjah Berikut

Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa? Cek Jadwal Puasa di Bulan Dzulhijjah Berikut

Sdhortsoc.org – Ingin tahu puasa arafah 2022 tanggal berapa? Kamu harus simak artikel di bawah ini sampai akhir! Puasa arafah adalah puasa sunnah yang dikerjakan sehari sebelum Idul Adha.

Biasanya puasa arafah ini diawali dengan puasa Tarwiyah. Untuk tahu puasa arafah 2022 tanggal berapa, cek jadwal puasa di bulan Dzulhijjah berikut ini.

Puasa arafah dilaksanakan pada hari Arafah, tepatnya hari ke-9 bulan Dzulhijjah dalam kalender Hijriah. Hari tersebut juga bertepatan pula dengan hari ke-2 dalam rangkaian ritual ibadah haji. Puasa arafah dilaksanakan tepat sewaktu jemaah haji menjalankan ibadah wukuf di Padang Arafah, dan puasa tersebut disunahkan bagi setiap muslim yang tidak melakukan ibadah haji.

Adapun bagi muslim sedang menunaikan ibadah haji, mereka disunahkan tidak berpuasa pada hari Arafah. Sebab, Rasulullah SAW dan para sahabatnya, termasuk Abu Bakar Ash-Shidiq, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan tidak berpuasa Arafah saat menunaikan haji. Kecuali bagi jemaah haji yang berhaji Tamattu’ dan tidak mendapatkan hadyu ataupun dam, maka boleh baginya berpuasa di hari Arafah dan hari-hari Tasyrik.

Baca Juga:
Tata Cara Puasa Dzulhijjah, Lengkap dengan Bacaan Niat

Puasa arafah yang dikerjakan di bulan Dzulhijjah ini memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya seperti disebutkan dalam hadits riwayat Muslim bahwa puasa arafah akan menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Puasa arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu”, (HR Muslim).

Puasa arafah adalah salah satu amalan utama dari sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Imam Bukhari meriwayatkan perihal puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah,  yang artinya:

“Rasulullah SAW biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijjah, pada hari Asyura (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, awal bulan di hari Senin dan Kamis.”

Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa? 

Baca Juga:
Manfaat Puasa Arafah, Jika Dijalankan Bisa Menghapus Dosa 2 Tahun

Puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Jadwal puasa arafah 2022 dapat diketahui setelah sidang isbat untuk menentukan awal Dzulhijjah digelar.



#Puasa #Arafah #Tanggal #Berapa #Cek #Jadwal #Puasa #Bulan #Dzulhijjah #Berikut

Sumber : www.suara.com