Berita  

Kita Diminta Waspadai Penjahat di Dunia Maya

Kita Diminta Waspadai Penjahat di Dunia Maya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau masyarakat supaya waspada terhadap email phishing yang mengatasnamakan lembaga jasa keuangan.

OJK Indonesia mengungkapkan, salah satu modus penipuan di dunia maya, si pelaku biasanya mengelabui korban dengan menyamar antara lain sebagai karyawan atau lembaga jasa keuangan yang resmi untuk menjebak korban.

Dengan penyamaran seperti itu, korban akan memberikan data pribadi, data akun, atau data finansial.

Data yang biasa diincar penjahat di dunia maya adalah user name, password, nomor kartu kredit atau debit.

Selanjutnya kode PIN ATM, kode OTP, kode CVV/CVC (3 angka di belakang kartu kredit), masa berlaku kartu kredit atau debit, nomor KTP/passport, tanggal lahir, dan informasi pribadi lainnya.

“Ingat bahwa lembaga jasa keuangan tidak akan meminta data tersebut kepada nasabah,” kata OJK.

Adapun ciri-ciri dari email phishing tersebut adalah pertama, menggunakan nama akun email yang mirip dengan email resmi lembaga jasa keuangan.

Email phishing biasanya akan meminta targetnya untuk mengklik link/tautan atau mengunduh file dengan iming-iming untuk mendapat diskon, melihat berita dan lainnya.

Baca juga: OJK Minta Masyarakat Waspadai Email Phishing Mengantasnamakan Lembaga Jasa Keuangan

Baca juga: OJK Terbitkan POJK Baru Perlindungan Konsumen

Email phishing juga biasanya akan meminta korban untuk mengambil keputusan dengan cepat dengan berbagai alasan seperti adanya transaksi mencurigakan, sehingga harus segera memblokir kartu, masa promo akan cepat habis, dan rayuan lain agar korban terperdaya atau panik sehingga tidak sempat berpikir lama.

“Apabila masyarakat menerima email dengan ciri-ciri tersebut, maka dapat segera hubungi layanan konsumen lembaga jasa keuangan tersebut untuk memastikan bahwa email yang diterima benar dan aman,” tambah OJK.



#Kita #Diminta #Waspadai #Penjahat #Dunia #Maya

Sumber : aceh.tribunnews.com