Berita  

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah Apa Saja? Ini Penjelasan dan Amalan yang Dapat Dikerjakan

Keutamaan 10 Hari Pertama Dzulhijjah Apa Saja? Ini Penjelasan dan Amalan yang Dapat Dikerjakan

Sdhortsoc.org – Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan di dalam Islam. Salah satu keutamaan Bulan Dzulhijjah ini adalah banyaknya peristiwa besar dalam Islam yang terjadi di bulan ini. Lalu adakah keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah?

Jawabannya, tentu saja ada. Berikut ini beberapa keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah yang dirangkum Sdhortsoc.org.

1. Sama dengan jihad

Keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah salah satunya adalah amal kebaikan hari tersebut dapat disandingkan dengan berjihad.   

Baca Juga:
6 Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah yang Dapat Dikerjakan, Salah Satunya Menikah

Penjelasan keutamaan 10 hari pertama Dzulhijjah tersebut disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada hari yang amal shalih lebih dicintai oleh Allah SWT daripada hari-hari yang sepuluh ini (10 awal Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Apakah lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah?” Beliau bersabda, “Iya. Lebih baik daripada jihad fii sabiilillaah, kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan harta dan jiwa raganya kemudian dia tidak pernah kembali lagi (mati syahid)”, (HR Al Bukhari).

Dilansir islam.nu.or.id, melalui hadits tersebut, Rasulullah sepertinya hendak memberikan motivasi kepada para sahabat dan umatnya untuk tidak menyia-nyiakan keutamaan 10 hari awal Dzulhijjah. Bahkan perbandingannya dengan jihad di jalan Allah.

2. Termasuk bulan haram

Tahukah kalian bahwa Dzulhijjah termasuk dalam bulan haram? Pengertian umumnya, Bulan haram adalah bulan suci yang diagungkan oleh Allah SWT.

Baca Juga:
Tata Cara Puasa Dzulhijjah, Lengkap dengan Bacaan Niat

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah SWT adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya empat bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menzhalimi dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kalian semuanya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah bersama orang-orang yang bertaqwa”, (QS At Taubah: 36).



#Keutamaan #Hari #Pertama #Dzulhijjah #Apa #Saja #Ini #Penjelasan #dan #Amalan #yang #Dapat #Dikerjakan

Sumber : www.suara.com