Berita  

Keude Bieng, Pusat UMKM Kerajinan Rotan

Keude Bieng, Pusat UMKM Kerajinan Rotan

Oleh Prof.Dr.APRIDAR, S.E., M.Si., Guru Besar Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Syiah Kuala dan Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendikiawaan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Aceh, meraporkan dari Keude Bieng, Lhoknga, Aceh Besar

KEUDE Bieng yang terletak di Jalan Meulaboh-Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, merupakan kawasan wisata yang sangat digemari para wisatawan, terutama para peselancar.

Daerah berpantai indah tersebut juga memiliki pegunungan batu yang menjadi bahan baku utama PT Solusi Bangun Andalas (SBA), dulunya bernama PT Semen Andalas Indonesia (PT SAI).

Saat gempa bumi dan tsunami Aceh akhir tahun 2004 PT SAI hancur porak-poranda, tapi dikarenakan bahan baku tersedia berlimpah, membuat pabrik semen tersebut dibangun kembali seperti sediakala dan kemudian berganti nama.

Kehadiran proyek vital PT SBA yang begitu besar, tidak membuat masyarakat di seputaran industri itu terlena, apalagi mengharap untuk bekerja pada pabrik semen curah tersebut.

Namun, banyak warga di sepanjang jalan Lhoknga yang membuka usaha warung bagi para wisatawan yang berkunjung dan menikmati keindahan pantai Lhoknga.

Mereka juga memproduksi berbagai makanan khas Aceh serta produksi berbagai keterampilan karya rotan yang tergabung dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Para pengrajin rotan dan bambu untuk mebel atau furnitue serta berbagai peralatan rumah tangga lainnya yang dijual di sepanjang jalan Keude Bieng itu menjadikan aktivitas ekonomi masyarakat mulai berdenyut.

Perekonomian masyarakat yang sempat rontok akibat deraan pandemi Covid-19 kini mulai terlihat perkembangannya kembali, makin menggeliat.

Baca juga: Perajin Rotan Keude Bieng Lhoknga Sepi Pembeli

Baca juga: Wakil Ketua Komisi V DPRK Aceh Besar Sediakan Rumah Berdaya PKS Aceh Besar di Keude Bieng

Para pengrajin yang umumnya penduduk di seputaran Keude Bieng mulai terlihat kembali aktivitasnya.



#Keude #Bieng #Pusat #UMKM #Kerajinan #Rotan

Sumber : aceh.tribunnews.com