Berita  

Aktivis Lingkungan Desak Pengungkapan Penyebab dan Pelaku Karhutla di Nagan Raya

Aktivis Lingkungan Desak Pengungkapan Penyebab dan Pelaku Karhutla di Nagan Raya

Laporan Rizwan | Nagan Raya

sdhortsoc.org, SUKA MAKMUE – Aliansi Peduli Lingkungan (Apel) Nagan Raya meminta pihak terkait dari kepolisian, Pemerintah Aceh dan Pemkab Nagan Raya untuk mengungkap penyebab kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Pulo Kruet, Kecamatan Darul Makmur, 

Nagan Raya. Langkah tersebut sehingga menjadi efek jera karena telah menyebabkan dampak kerusakan lingkungan.

Pasalnya, Karhutla yang terjadi sudah sepekan lebih di kebun kelapa sawit PT Gelora Sawita Makmur (GSM) yang luasnya telah mencapai puluhan hektare yang terbakar sudah sepekan terakhir.

“Dengan diungkap maka yang terlibat dapat ditindak tegas sesuai aturan hukum berlaku,” kata Ketua Apel Nagan Raya, Rahmad Syakur kepada Serambinews.com, Kamis (2/6/2022).

Apel meminta dalam proses pengusutan tidak padang bulu sehingga kasus karhutla ke depan tidak lagi terulang di Nagan Raya. 

Apalagi informasi bahwa menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan kebun sawit telantar perusahaan yang masuk dalam HGU (hak huna usaha). 

“Kami meminta pihak berwajib mengungkan dan motif dari karhutla. Sebab dampak karhutla telah merusak lingkungan sekitar,” kata Syakur.

Diakuinya, terkait Karhutla telah menyampaikan kepada sejumlah lembaga peduli lingkungan di Aceh. 

Pada Rabu, sebuah lembaga peduli lingkungan telah melihat dan memotret dari udara termasuk memastikan luas kebun yang terbakar tersebut.

Apel juga akan menyurati BPN Nagan Raya terkait lahan kebun PT GSM yang ditelantar untuk diambil tidakan aturan pertanahan/agraria. 

“Kami juga meminta yang terlibat kasus karhutla ditindak sesuai aturan berlaku,” ungkap Syakur seraya menambahkan, kasus karhutla itu diduga masuk wilayah kawasan rawa tripa yang juga dalam kawasan ekosistem lauser (KEL).(*)

Baca juga: DPRK Tuntut Tanggung Jawab PT GSM Terhadap Karhutla di Nagan Raya, Minta Pemkab Cabut HGU



#Aktivis #Lingkungan #Desak #Pengungkapan #Penyebab #dan #Pelaku #Karhutla #Nagan #Raya

Sumber : aceh.tribunnews.com