Berita  

Kehangatan Masyarakat Ende Jadi Inspirasi Bung Karno Lahirkan Pancasila

Kehangatan Masyarakat Ende Jadi Inspirasi Bung Karno Lahirkan Pancasila

Sdhortsoc.org – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kehangatan dan keramahan masyarakat Ende telah menjadi inspirasi bagi Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno dalam melahirkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Bahkan, Jokowi menilai Bung Karno berada di dalam kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya.

“Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende. Karena saya merasa beliau (Bung Karno) berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya,” ujar Jokowi usai menerima gelar adat di Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Rabu (1/6/2022).

Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya masyarakat Ende yang telah menerima dirinya dan Iriana.

Baca Juga:
Presiden Jokowi dan Gubernur Ganjar Pranowo Peringati Hari Lahir Pancasila di NTT

Ia mengaku mendapat sambutan hangat dari masyarakat Ende.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat NTT, khususnya masyarakat Ende yang telah menerima saya, Bu Iriana, dan seluruh rombongan sejak awal datang sampai sekarang, diterima dengan penuh kehangatan,” tutur Jokowi.

“Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Ende,” sambungnya.

Sebelumnya, di Rumah Tenun Ende, Kabupaten Ende, Provinsi NTT, Jokowi mendapat gelar adat dari masyarakat Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jokowi dianugerahi gelar adat ‘Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa’ yang dilakukan di Rumah Tenun Ende.

Baca Juga:
Di Ende, Jokowi Terima Gelar Adat Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa

Gelar adat tersebut diberikan oleh masyarakat adat Kabupaten Ende kepada Jokowi. Dimana gelar tersebut memiliki arti pemimpin wilayah seluruh Indonesia dari Sabang Sampai Merauke.

Dari pantauan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana Jokowi menuju Rumah Tenun Ende usai memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabipaten Ende. Saat tiba di Rumah Tenun, Jokowi dan Iriana disambut Tarian Woge.

Jokowi dan Iriana kemudian masuk ke Rumah Tenun.

Dalam prosesi penganugerahan, kepala adat memberikan kain kepada Jokowi. Jokowi juga diberikan sebuah tas anyaman bambu yang bertuliskan Ende dengan tali tas dari kain tenun asli Ende bermotif warna biru dan putih.

Jokowi pun langsung mengenakan tasnya.

“Terima kasih,” kata Jokowi.



#Kehangatan #Masyarakat #Ende #Jadi #Inspirasi #Bung #Karno #Lahirkan #Pancasila

Sumber : www.suara.com