Berita  

Ini Cara Mendapatkan Plat Nomor Putih, Mulai Berlaku Tahun Ini!

Ini Cara Mendapatkan Plat Nomor Putih, Mulai Berlaku Tahun Ini!

Sdhortsoc.org – Korlantas Polri telah memberlakukan penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau plat nomor putih mulai pertengahan tahun 2022 ini. Plat nomor putih akan berlaku bagi seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Lantas, bagaimana cara mendapatkan plat nomor putih?

Penggantian plat nomor putih ini sesuai dengan Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor. Nantinya plat nomor putih ini dapat meningkatkan efektivitas tilang elektronik (ETLE). Perlu diketahui ETLE merupakan sistem pengawasan dan penegakan hukum lalu lintas dengan bantuan kamera CCTV. Simak cara mendapatkan plat nomor putih berikut ini.

Cara Mendapatkan Plat Nomor Putih

Pelaksanaan penggantian plat nomor putih ini dilaksanakan secara bertahap. Kamu akan mendapatkan plat nomor putih terbaru saat melakukan pendaftaran kendaraan baru. Selain itu, plat nomor putih dapat diganti ketika kendaraan sudah habis masa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), perpanjang STNK dan balik nama STNK.

Baca Juga:
Fungsi Plat Nomor Hijau, Beri Fasilitas Kendaraan di Kawasan Perdagangan Bebas

Sementara itu, kepolisian juga mengungkapkan penggunaan plat nomor hitam masih diperbolehkan. Plat nomor hitam masih berlaku selama masih sesuai dengan surat kendaraan bermotor tersebut. Jika kendaraan yang masih belum saatnya memperpanjang STNK, maka tidak diharuskan langsung mengganti plat nomor hitam ke plat nomor putih.

Bagi masyarakat yang ingin mengganti plat nomor putih dengan memperpanjang STNK dapat mengunjungi Samsat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy, STNK asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy.

Selain itu, masyarakat dapat mengetahui berapa tarif penggantian plat nomor putih sebagai berikut.

Tarif Penggantian Plat Nomor Putih

Tarif penggantian plat nomor putih ini termasuk tarif pencetakan TNKB. Untuk kendaraan roda dua, perpanjangan STNK yaitu Rp 100 ribu dan biaya pencetakan TNKB yakni sekitar Rp 60 ribu untuk setiap pasang. Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 160 ribu.

Baca Juga:
Berlaku Pertengahan Juni 2022, Ini Daftar Kendaraan yang Didahulukan Dapat Plat Nomor Putih

Sementara itu, perpanjangan STNK untuk kendaraan roda empat berkisar Rp 200 ribu dan biaya pencetakan TNKB yaitu Rp 100 ribu untuk setiap pasang. Sehingga total biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 300 ribu.



#Ini #Cara #Mendapatkan #Plat #Nomor #Putih #Mulai #Berlaku #Tahun #Ini

Sumber : www.suara.com