Berita  

Bendung Krueng Pase di Aceh Utara Dibangun dengan Dana Rp 44,8 Miliar

Bendung Krueng Pase di Aceh Utara Dibangun dengan Dana Rp 44,8 Miliar

Bendung tersebut berfungsi untuk mengairi areal sawah yang mencapai 11.000 hektare dalam delapan Kecamatan di Aceh Utara

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

sdhortsoc.org,LHOKSUKON –Proyek Bendung Krueng Pase yang berada di perbatasan Desa Leubok Tuwe Kecamatan Meurah Mulia dengan Desa Maddi Kecamatan Nibong, Aceh Utara sudah mulai dibangun pada Oktober 2021.

Proyek multiyears (tahun jamak) Proyek tersebut ditender Balai Wilayah Sungai Sumatera I Aceh pada tahun 2021, yang dimenangkan PT Rudi Jaya asal Sidoarjo, Jawa Timur dengan nilai kontrak Rp 44,8 miliar, yang bersumber dana dari APBN.

Bendung tersebut berfungsi untuk mengairi areal sawah yang mencapai 11.000 hektare dalam delapan Kecamatan di Aceh Utara dan satu kecamatan di Kota Lhokseumawe, yaitu Blang Mangat. 

Sedangkan delapan kecamatan di Aceh Utara, Syamtalira Bayu, Samudera, Meurah Mulia, Tanah Luas, Nibong, Tanah Pasir, Syamtalira Aron, Matangkuli. 

Karena itu masyarakat sangat berharap agar pembangunan bendung tersebut dapat segera diselesaikan masyarakat supaya masyarakat dapat segera menggarap sawahnya. 

Bendung harus dibangun yang baru karena Bendung peninggalan Belanda yang sebelumnya dimanfaatkan masyarakat sudah lama rusak. 

Bahkan kondisinya sudah kritis setelah mercu bendung itu jebol pada 2008 lalu. Kemudian direhab, sehingga bisa dimanfaatkan dari tahun 2008 sampai 2020, kendati tidak maksimal mengaliri air ke sawah warga. 

“Ada banyak petani di Aceh Utara yang menggantungkan hidupnya dari bertani, sehingga bila pengerjaan ini lamban, mereka tak bisa menggarap sawahnya,” ujar Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf kepada Serambinews.com, Selasa (31/5/2022).(*)

Baca juga: Ini Empat Kecamatan di Aceh Utara yang Belum Ada Kasus PMK 

Baca juga: Jelang Usia 40 Tahun, Luna Maya Ungkap Kepiluan Tiap Tidur karena Belum Nikah: Gue Peluk Diri

Baca juga: Pertanyaan Hotman Paris Bikin Jebakan, Wenny Ariani Akui Masih Punya Suami saat Pacari Rezky Aditya



#Bendung #Krueng #Pase #Aceh #Utara #Dibangun #dengan #Dana #Miliar

Sumber : aceh.tribunnews.com