Berita  

Alumni Bidan dan Diploma Kebidanaan Umuslim Gelar Webinar, Ini Bahasannya

Alumni Bidan dan Diploma Kebidanaan Umuslim Gelar Webinar, Ini Bahasannya

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

sdhortsoc.org, BIREUEN – Ikatan Keluarga Alumni Bidan UniversitasAlmuslim (IKABUA) bekerja sama dengan Program Diploma III Kebidanan Umuslim Peusangan Bireuen, Sabtu (28/05/2022) menggelar webinar nasional.

Webinar dengan lokasi pertemuan di pusatkan di kampus Umuslim membahas tentang “Pentingnya Kesehatan Mental Ibu dalam Mendampingi Tumbuh Kembang Anak”.

Ketua panitia seminar Anna Malia SST M Kep kepada Serambinews.com, Selasa (31/05/2022) mengatakan, pentingnya kesehatan mental dibahas dalam webinar dengan mempertimbangkan angka stunting yang masih tinggi sampai saat ini, Provinsi Aceh menurut data dengan angka stunting yang tinggi sehingga diperlukan penanganan dari berbagai faktor salah satunya faktor kesehatan mental ibu.

Webinar diselenggarakan dengan sistem daring via zoom meeting. Kegiatan webinar dibuka Dewi Maritalia SST M Kes selaku Direktur Program Diploma III Kebidanan Umuslim.

Pemateri antara lain Cesa Septiana Pratiwi MMid PhD, seorang dosen dan juga peneliti serta Kepala Biro Kerjasama Urusan Internasional (BKUI) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

• Umuslim Bireuen Peringkat Pertama PTS di Aceh Raih Hibah Pendanaan PKM

Cesa juga sebagai anggota Pembina Yayasan MotherHope Indonesia) dengan tema “Kesehatan Mental Ibu selama Masa Perinatal dan Tumbuh Kembang Anak dengan moderator Nuraini STr Keb M Keb.

Bahasannya antara lain dampak masalah kesehatan mental bukan hanya pada ibu melainkan juga bisa terjadi pada suami sehingga berdampak pada tumbuh kembang anak.

Bayi yang diasuh oleh orang tua yang mengalami gangguan kesehatan mental akan sulit berinteraksi dan juga mengalami gangguan perilaku dan kognisi.

Pemateri berikutnya, dr Ichsan MSc SpKK LP seorang dosen dan peneliti di Universitas Syiah Kuala serta Koordinator Konsorsium Perguruan Tinggi Provinsi Aceh dalam Pelaksanaan Program Nasional Percepatan Penurunan Stunting).



#Alumni #Bidan #dan #Diploma #Kebidanaan #Umuslim #Gelar #Webinar #Ini #Bahasannya

Sumber : aceh.tribunnews.com