Berita  

Perjalanan Lin Che Wei, Diduga Mafia Minyak Goreng yang Berakhir di ‘Tangan’ Kejagung

Perjalanan Lin Che Wei, Diduga Mafia Minyak Goreng yang Berakhir di

sdhortsoc.org – Lin Che Wei alias Weibinanto Halimdjat ditetapkan sebagai tersangka baru kasus mafia minyak goreng oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) RI pada Selasa (17/5/2022).

Ia diduga terlibat dalam korupsi pemberian fasilitas ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya periode 2021-2022.

Lin Che Wei diduga bekerja sama dengan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI Indrasari Wisnu Wardhana (IWW) yang lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka.

Ia terlibat terkait penerbitan izin ekspor yang tidak sesuai aturan hukum soal menerapkan kebijakan domestic market obligation (DMO) 20 persen di Kemendag.

Dilansir dari Kompas.com, Jaksa Agung Republik Indonesia Sanitiar Burhanuddin mengatakan, Lin Che Wei merupakan pihak swasta yang tidak memiliki kontrak khusus untuk ikut menentukan kebijakan terkait izin ekspor CPO dan minyak goreng.

“LCW ini adalah orang swasta yang direkrut oleh Kementerian Perdagangan tanpa surat keputusan dan tanpa suatu kontrak tertentu,” kata Burhanuddin dalam tayangan Kompas TV Sapa Indonesia Pagi, Rabu (18/5/2022).

“Tetapi, dalam pelaksanaannya, dia ikut menentukan kebijakan tentang peredaran prosedur tentang distribusi minyak goreng,” kata dia.

Burhanuddin juga menegaskan, pihaknya mempunyai bukti-bukti digital yang kuat bahwa Lin Che Wei ikut serta dalam mengambil keputusan soal izin ekspor.

Menurut Burhanuddin, posisi Lin Che Wei yang tidak memiliki kontrak jelas itu sangat berbahaya.

“Dia orang swasta, tetapi kebijakannya dia di situ sangat didengar oleh dirjennya (Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag),” ucap dia.



#Perjalanan #Lin #Che #Wei #Diduga #Mafia #Minyak #Goreng #yang #Berakhir #Tangan #Kejagung

Sumber : aceh.tribunnews.com