Berita  

VIDEO Cegah PMK, Dinas Pertanian dan Polres Abdya Pantau Hewan Ternak

VIDEO Cegah PMK, Dinas Pertanian dan Polres Abdya Pantau Hewan Ternak

Dinas Pertanian dan Polres Abdya Pantau Hewan Ternak

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

sdhortsoc.org, BLANGPIDIE – Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Barat Daya (Distanpan Abdya) bersama Polres setempat melakukan pemantauan hewan ternak sapi dan kerbau, Rabu (18/5/2022).

Pantauan yang dilakukan di beberapa kecamatan itu, terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sedang menyerang hewan ternak di sejumlah daerah di Indonesia.

Kepala Bidang Peternakan Distanpan Abdya, Laili Suhairi mengatakan, bahwa pemantauan hewan ternak itu dalam rangka mengantisipasi penularan PMK terhadap hewan ternak.

Dalam pemantauan itu, terbagi dalam dua tim. Tim pertama memantau kawasan kecamatan Kuala Batee dan Jeumpa, sementara tim kedua di kecamatan Manggeng dan kecamatan Lembah Sabil.

Laili mengakui, sejauh ini di kawasan Abdya belum ada hewan ternak yang terkena virus PMK. Namun, pihaknya terus melakukan pemantauan dengan melakukan penyemprotan terhadap hewan, kandang sapi dan kerbau.

Meski begitu, ia meminta kepada masyarakat dan pemilik untuk teliti, melihat perkembangan dan kondisi hewan ternaknya.

Dia tambahkan, jika menemukan gejala yang terindikasi PMK, segera melaporkan kepada Dinas Pertanian dan Pangan atau penyuluh setempat. 

 

Narator: Suhiya Zahrati
Video Editor: Hari Mahardhika



#VIDEO #Cegah #PMK #Dinas #Pertanian #dan #Polres #Abdya #Pantau #Hewan #Ternak

Sumber : aceh.tribunnews.com