Berita  

Mengenal Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan, yang Namanya Disematkan di Jalan Tol Indonesia

Mengenal Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan, yang Namanya Disematkan di Jalan Tol Indonesia

sdhortsoc.org – Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) resmi terpilih sebagai Presiden Uni Emirat Arab (UEA) yang baru pada Sabtu (14/5/2022).

Nama Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) cukup terkenal di Indonesia, karena menjadi nama jalan layang tol Jakarta-Cikampek.

Lalu siapa Mohamed bin Zayed Al Nahyan? Dan bagaimana profil Mohamed bin Zayed Al Nahyan?

Sejak menjabat menjadi Putra Mahkota, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) telah memimpin penataan kembali Timur Tengah, menciptakan poros anti-Iran baru dengan Israel, dan memerangi gelombang pasang politik Islam yang marak di wilayah.

Bekerja di belakang layar selama bertahun-tahun sebagai pemimpin de facto, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) (61) sudah mengubah militer UEA menjadi kekuatan berteknologi tinggi, yang ditambah dengan kekayaan minyak dan status pusat bisnisnya. Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pun memperluas pengaruh UEA secara internasional.

Pemimpin Teluk yang paling cerdas

Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) mulai memegang kekuasaan dalam periode ketika saudara tirinya Presiden Sheikh Khalifa bin Zayed, yang meninggal pada Jumat (13/5/2022), menderita serangan penyakit, termasuk stroke pada 2014.

MBZ, demikian ia dikenal, didorong oleh “garis pemikiran fatalistik tertentu”, bahwa penguasa Teluk Arab tidak bisa lagi mengandalkan pendukung utama mereka Amerika Serikat (AS), menurut mantan utusan AS untuk UEA Barbara Leaf. Pemikiran itu muncul terutama setelah Washington mengabaikan Hosni Mubarak di Mesir, selama Arab Spring 2011.

Saat itu, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) mengeluarkan peringatan “tenang dan dingin” dari basis kekuasaannya di ibu kota Abu Dhabi kepada Presiden AS saat itu, Barack Obama. Menurut memoar Obama, Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meminta Washington untuk tidak mendukung pemberontakan yang dapat menyebar dan membahayakan pemerintahan dinasti Teluk, yang menggambarkan MBZ sebagai “Pemimpin Teluk yang paling cerdas”.

Seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS yang bertugas di pemerintahan Biden, yang memiliki hubungan penuh dengan UEA dalam beberapa bulan terakhir, menggambarkannya sebagai ahli strategi yang membawa perspektif sejarah ke dalam diskusi. “Dia akan berbicara tidak hanya tentang masa sekarang, tetapi kembali ke tahun, dekade, dalam beberapa kasus, berbicara tentang tren dari waktu ke waktu,” kata pejabat itu, sebagaimana dilansir Al Jazeera.



#Mengenal #Presiden #UEA #Mohamed #bin #Zayed #Nahyan #yang #Namanya #Disematkan #Jalan #Tol #Indonesia

Sumber : aceh.tribunnews.com