Berita  

Ini Lima Kelompok Ekstremis yang Dicoret AS dari Daftar Organisasi Teroris Asing

Ini Lima Kelompok Ekstremis yang Dicoret AS dari Daftar Organisasi Teroris Asing

Menghapus kelompok-kelompok tersebut dari daftar memiliki efek langsung berupa pencabutan berbagai sanksi, seperti pembekuan aset dan larangan perjalanan, serta larangan bagi warga AS untuk memberikan dukungan materi kepada kelompok atau anggotanya

sdhortsoc.org – Departemen Luar Negeri AS akan menghapus lima kelompok ekstremis dari daftar Organisasi Teroris Asing (FTO).

Kelimanya diyakini sudah tidak beroperasi lagi saat ini.

Dilansir dari Associated Press (AP), kelima organisasi tersebut adalah kelompok separatis Basque ETA di Spanyol, sekte Aum Shinrikyo di Jepang, dan kelompok Yahudi radikal Kahane Kach, serta dua kelompok Islam yang sempat aktif di Israel, Palestina, dan Mesir.

Dalam pemberitahuan terpisah kepada anggota parlemen, Departemen Luar Negeri AS mengatakan, sebutan terorisme untuk lima kelompok akan secara resmi dihapus ketika penentuan diterbitkan dalam Daftar Federal, yang diharapkan terlaksana minggu depan.

Menghapus kelompok-kelompok tersebut dari daftar memiliki efek langsung berupa pencabutan berbagai sanksi, seperti pembekuan aset dan larangan perjalanan, serta larangan bagi warga AS untuk memberikan dukungan materi kepada kelompok atau anggotanya.

Baca juga: Benarkah Kudeta Untuk Gulingkan Putin Sedang Berlangsung? Ini Klaim Kepala Intelijen Militer Ukraina

Sebelum status teroris dicabut, pemberian dukungan materi telah didefinisikan secara luas mencakup bantuan uang atau barang. Bahkan dalam beberpa kasus bantuan medis juga dilarang.

Empat dari lima kelompok yang akan dibersihkan namanya ini pertama kali ditetapkan sebagai organisasi teroris asing pada 1997 dan tetap dalam daftar selama 25 tahun terakhir.

Profil lima kelompok ekstremis

1. Aum Shinrikyo (AUM)



#Ini #Lima #Kelompok #Ekstremis #yang #Dicoret #dari #Daftar #Organisasi #Teroris #Asing

Sumber : aceh.tribunnews.com