Berita  

Inggris Siap Bela Swedia Jika Mendapat Serangan Dari Rusia

Inggris Siap Bela Swedia Jika Mendapat Serangan Dari Rusia

sdhortsoc.org, KOPENHAGEN – Pemerintah Inggris berjanji akan membela Swedia jika negara itu mendapat serangan dari Rusia.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan PM Swedia cMagdalena Andersson menandatangani kesepakatan jaminan keamanan di luar Stockholm pada Rabu (11/5/2022).

Swedia dan Finlandia sedang mempertimbangkan akan bergabung dengan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Johnson kemudian diperkirakan akan membuat komitmen pertahanan serupa ke Finlandia, di mana ia akan bertemu dengan Presiden Sauli Niinisto.

“Perjanjian itu akan membentengi pertahanan Eropa utara, dalam menghadapi ancaman baru,” kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan itu akan menjadi simbol jaminan keamanan abadi antara negara Eropa.

“Ini bukan jeda jangka pendek, tetapi komitmen jangka panjang untuk meningkatkan hubungan militer dan stabilitas global, dan memperkuat pertahanan Eropa untuk generasi mendatang,” kata Johnson.

Baca juga: Menteri Pertahanan Inggris Samakan Vladimir Putin dan Rusia dengan Nazi

Diansir AP, Finlandia berbagi perbatasan darat sepanjang 1.340 kilometer dengan Rusia.

“Dan apakah itu jika terjadi bencana atau serangan militer, apa yang kami katakan ini atas permintaan pihak lain, kami akan datang untuk membantu pihak lain,” kata Johnson dalam konferensi pers bersama.

Dia mengatakan perang di Ukraina merupakan kampanye haus darah Presiden Rusia Vladimir Putin yang melawan negara berdaulat.



#Inggris #Siap #Bela #Swedia #Jika #Mendapat #Serangan #Dari #Rusia

Sumber : aceh.tribunnews.com