Berita  

SDN Lawe Serke Terancam Ambruk ke Sungai, Wabup Agara: Jika Tak Memungkinkan Lagi Akan Direlokasi

Begini Langkah BPBD Agara Tangani Kerusakan SDN Lawe Serke Dampak Abrasi Sungai Alas

Laporan Asnawi | Aceh Tenggara

sdhortsoc.org, KUTACANE – SDN Lawe Serke di Kecamatan Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara (Agara) terancam ambruk ke sungai.

Pasalnya, kondisi gedung SDN tersebut kian rawan lantaran abrasi Sungai Alas makin meluas di kawasan itu.

Mendapat laporan itu, Wakil Bupati (Wabup) Agara, Bukhari, bersama Sekda MHD Ridwan, SE, Kadisdikbud Julkifli, SPd, MPd, Kalaksa BPBD Nazmi Desky, SKM, MAP, dan Kadis PUPR Sadli, ST, serta pejabat lainnya, turun ke SDN Lawe Serke, Senin (5/9/2022).

Pada kesempatan itu, Wabup Aceh Tenggara, Bukhari mengatakan, Pemkab Agara akan mengkaji terhadap bangunan SDN Lawe Serke tersebut.

Kalau memungkinkan dan masih aman, kata Wabup, maka bagunan sekolah dasar tersebut akan tetap berada di lokasi itu.

“Namun, kalau terancam ambruk akibat abrasi Sungai Alas yang ganas itu, maka kita akan upayakan untuk merelokasi ke daerah yang aman,” terangnya.

Baca juga: Begini Langkah BPBD Agara Tangani Kerusakan SDN Lawe Serke Dampak Abrasi Sungai Alas

“Karena, Pemkab Agara fokus pada pendidikan karena pendidikan ini untuk membentuk karakter bangsa Indonesia,” lanjut Wabup Agara.

Untuk diketahui, gedung SDN Lawe Serke, Kecamatan Lawe Sigala-gala, Aceh Tenggara (Agara), terancam ambruk ke Sungai Alas akibat dikikis abrasi.

Bahkan, beberapa waktu lalu, bangunan perpustakaan SDN Lawe Serke sudah tergerus abrasi Sungai Alas hingga bangunannya ambruk.

Terkait hal ini, Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi mengatakan, kondisi SDN Lawe Serke saat ini sudah sangat terancam.

Ia memprediksi, kalau terus menerus kawasan itu diguyur hujan, dikhawatirkan bangunan sekolah dasar itu amblas ke sungai.

Menyikapi kondisi tersebut, beber Nazmi, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 Aceh untuk penanganan abrasi sungai.

Baca juga: Abrasi Sungai Alas Meluas, SDN Lawe Serke Terancam Ambruk

“Kita meminta Balai Wilayah Sungai agar segera memindahkan alur Sungai Alas dekat SDN Lawe Serke dan membangun 500 meter bronjong secara permanen di lokasi itu,” ujarnya.

“Ini penting dilakukan guna mencegah meluasnya abrasi yang dapat mengakibatkan ambruknya bangunan SDN Lawe Serke tersebut,” tukas Nazmi.(*)



#SDN #Lawe #Serke #Terancam #Ambruk #Sungai #Wabup #Agara #Jika #Tak #Memungkinkan #Lagi #Akan #Direlokasi

Sumber : aceh.tribunnews.com