Berita  

Ledakan Bergemuruh di Odesa, Pelabuhan Utama Laut Hitam, 250 Apartemen Hancur Lebur

Ledakan Bergemuruh di Odesa, Pelabuhan Utama Laut Hitam, 250 Apartemen Hancur Lebur

sdhortsoc.org, KIEV – Ledakan bom dan rudal Rusia bergemuruh di Odesa, Pelabuhan Laut Hitam, termasuk serangan roket yang menghancurkan 250 gedung apartemen.

Rusia melepaskan enam rudal jelajah ke Pelabuhan Odesa yang membuat warga lokal semakin khawatir.

Para pemimpin Ukraina memperingatkan serangan akan memburuk pada Hari Kemenangan Perang Dunia II oleh Rusia pada Senin (9/2022).

Rusia merayakan kekalahan Nazi Jerman pada 1945 dengan parade militer.

Presiden Rusia Vladimir Putin diyakini memproklamirkan semacam kemenangan di Ukraina saat berpidato di depan pasukan di Lapangan Merah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy merilis video pidato yang menandai hari kemenangan Sekutu di Eropa 77 tahun yang lalu, menarik kesejajaran antara invasi Rusia ke Ukraina dan kejahatan Nazisme.

Baca juga: Pengungsi Odesa Seberangi Sungai ke Perbatasan Rumania, Khawatir Terkena Serangan Kapal Perang Rusia

Video hitam-putih, yang diterbitkan di media sosial, menunjukkan Zelenskyy berdiri di depan blok apartemen yang hancur di Borodyanka.

Salah satu pinggiran kota Kiev yang dihantam serangan sebelum pasukan Rusia mundur dari wilayah ibu kota beberapa pekan lalu.

“Setiap tahun, pada tanggal 8 Mei, bersama dengan seluruh dunia yang beradab, kami memberikan penghormatan kami kepada semua orang yang membela planet ini dari Nazisme selama Perang Dunia II,” kata Zelenskyy.

Dia menambahkan generasi sebelumnya dari Ukraina memahami arti dari kata-kata “Never again.”



#Ledakan #Bergemuruh #Odesa #Pelabuhan #Utama #Laut #Hitam #Apartemen #Hancur #Lebur

Sumber : aceh.tribunnews.com