Berita  

Kenapa Kapolri Mendadak Imbau ASN dan Karyawan Swasta WFH Satu Minggu?

One Way Diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 Pukul 23.00 WIB

Sdhortsoc.org – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginginkan adanya permbelakukan work from home (WFH), baik itu untuk instansi pemerintah (ASN) maupun swasta. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Pergerakan arus mudik pada Lebaran 2022 sangat besar. Bahkan dari catatan Jasa Marga, terdapat 1,7 juta kendaraan yang keluar dari kawaasan Jabodetabek. Ini terjadi dari H-10 hingga H-1 lebaran.

Jumlah tersebut bahkan jauh lebih tinggi ketimbang mudik Lebaran 2019 lalu. Terdapat kenaikan sampai 9,5 persen kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek. Situasi ini menimbulkan kemacetan pada arus mudik lalu.

Nah, ketika arus mudik sudah macet, hal sama berpotensi terjadi pada arus balik. Pada Lebaran 2022, arus balik diprediksi mulai terjadi pada Jumat (6/5/2022) hingga Minggu (8/5/2022) nanti.

Baca Juga:
Jadwal dan Lokasi Tol One Way Arus Balik Mudik Lebaran 2022, Mulai Berlaku Siang Ini!

Untuk menghindari penumpukan pada hari yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun meminta pemberlakukan WFH selama sepekan lagi.

“Kami mengimbau untuk mengurai arus balik, khususnya bagi instansi-instasi baik swasta atau pemerintah yang masih memungkin untuk satu minggu ini, bisa melaksanakan aktivitas dengan menggunakan media yang ada seperti online maupun work from home,” kata Listyo pada Kamis (6/5/2022) lalu.

Kemendikbud Ristek telah mengambil sikap setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan. Khusus sekolah di wilayah Jabodebek, libur diperpanjang sampai tanggal 12 Mei 2022. 

Pantauan Berbagai Titik Arus Balik

Bali

Baca Juga:
Jumat Siang Ini, 120 Ribu Kendaraan Kembali Menyerbu Ibu Kota Usai Mudik Lebaran

Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Gilimanuk diprediksi akan banjir warga pada arus balik Lebaran 2022. Arus balik ini berlaku baik yang akan meninggalkan Bali atau pun masuk Bali lagi.

Dari arah Bali menuju pulau Jawa, sempat terjadi kemacetan panjang di Pelabuhan Gilimanuk. Ada banyak perantau yang ingin pulang kampung harus menunggu berjam-jam untuk bisa menyeberang ke Pelabuhan Ketapang.

Hal ini turut berlaku arah sebaliknya. Liburan ke Bali juga sangat padat. Dari data yang ada, terdapat 435 ribu orang lebih yang masuk Bali, baik itu melalui jalur darat maupun udara. 

Trans Jawa

Jalan tol Trans Jawa mulai dipadati pemudik yang baru saja pulang dari kampung halaman. Kepadatan arus kendaraan terpantau sejak Tol Pejagan Brebes.

Kepadatan arus balik disikapi petugas kepolisian dengan pemberlakuan sistem satu arah atau one way. Sistem ini diberlakukan dari pintu tol Palimanan Utama di KM 187 hingga tol Cikampek KM 72 pada Kamis malam.

Rekayasa buka tutup ini turut berlaku di rest area. PT Jasamarga Realted Business (JMRB) berkoordinasi dengan pihak kepolisian akan melakukan sistem ini di jalan tol arah Jakarta. Sistem ini dilakukan situasional, melihat perkembangan yang ada.

Payakumbuh

Kemacetan arus balik bukan saja terjadi di Tol Trans Jawa. Kemacetan sempat terjadi di Jalan Payakumbuh, ketika pemudik ingin balik ke Riau. Kemacetan sebaliknya juga terjadi dari Riau menuju Sumatera Barat.

Kontributor : Lukman Hakim

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Kenapa #Kapolri #Mendadak #Imbau #ASN #dan #Karyawan #Swasta #WFH #Satu #Minggu

Sumber : www.suara.com