Berita  

Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini 5 Mei 2022, Cek Dulu Agar Tak Kena Macet!

Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini 5 Mei 2022, Cek Dulu Agar Tak Kena Macet!

Sdhortsoc.org – Jalur menuju Puncak, Bogor dipadati kendaraan selama libur lebaran 2022. Jadwal buka tutup jalur puncak pada 5 Mei 2022 dipilih untuk mengantisipasi kemacetan. Tak heran, pasalnya warga di sekitar Jabodetabek menjadikan Puncak sebagai destinasi wisata favorit. Para pelancong juga berwisata bersama anggota keluarganya. 

Jadwal buka tutup jalur puncak hari ini dimulai sejak pagi. Melansir sejumlah sumber, sistem one way atau jalan searah akan diberlakukan menuju Puncak mulai pukul 07.00 WIB. One way dari Jakarta ke arah Puncak akan berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan berikutnya langsung diberlakukan one way dari Cianjur ke arah bawah dimulai pukul 13.00 WIB. 

Rekayasa lalu lintas ini sudah dilakukan sejak libur lebaran 2022 mengingat kemacetan terjadi di kawasan Kopo, Kecamatan Cisarua, Bogor. Sehari sebelumnya atau pada 4 Mei 2022, pada pukul 10.00 WIB pagi, kepadatan terpantau di arah atas, tepatnya di SPBU Tugu, Cisarua. Sementara pada waktu yang sama, kendaraan yang menuju arah bawah terpantau sepi karena jalurnya ditutup oleh Satuan Lalu Lintas Polres Bogor.

Pemberlakuan satu arah atau buka tutup dari arah atas dimulai sejak pagi, sekitar pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Biasanya pemberlakuan ini akan bervariasi durasinya, antara 2 hingga 4 jam, sebelum arah sebaliknya yang diberlakukan demikian.

Baca Juga:
Arus Balik Lebaran 2022 Tanggal Berapa? Jangan ke Jabodetabek Tanggal 6-8 Mei Jika Tak Mau Kena Macet!

Opsi one way sendiri diberlakukan menyesuaikan dengan keadaan. Pada dasarnya, buka tutup atau sistem satu arah akan selalu memperhatikan berbagai hal, utamanya arus lalu lintas di kedua arah. Jika kepadatan terpantai di arah turun, maka arah naik akan segera ditutup atau dialihkan. Demikian pula sebaliknya.

Untuk jadwal buka tutup jalur Puncak Bogor sendiri diprediksi akan tetap menyesuaikan dengan volume kendaraan. Menurut perkiraan, kepadatan akan terus terjadi hingga akhir pekan, yang menjadi hari terakhir libur panjang lebaran 2022.

Dengan kondisi lalu-lintas yang demikian, bagi anda yang berencana menghabiskan waktu liburan di Puncak disarankan untuk berangkat di pagi hari sebelum kendaraan memadat.

Selain itu, setiap pengendara diimbau untuk mematuhi lalu-lintas dan menjaga ketertiban selama berkendara. Ketertiban selama berkendara ini akan membuat arus lalu lintas lancar dan kepadatan dapat lebih mudah terurai. 

Demikian penjelasan mengenai jadwal buka tutup jalur puncak hari ini. Pastikan untuk memeriksa jadwal one way terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk liburan ke kawasan wisata Puncak Bogor.

Baca Juga:
Sebagian Warga Mudik, Begini Kronologi Penurunan Arus Lalu Lintas di Jakarta saat Lebaran



#Jadwal #Buka #Tutup #Jalur #Puncak #Hari #Ini #Mei #Cek #Dulu #Agar #Tak #Kena #Macet

Sumber : www.suara.com