Berita  

Hukum Menikahi Sepupu Sendiri menurut Islam, Begini Penjelasan Buya Yahya

One Way Diterapkan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 Pukul 23.00 WIB

Sdhortsoc.org – Berikut ini penjelasan hukum menikahi sepupu sendiri menurut Islam sebagaimana dijelaskan oleh Buya Yahya.

Pertanyaan seputar hukum menikahi sepupu sendiri menurut Islam mulai banyak muncul pasca lebaran 2022 ini. Bagaimana bisa?

Umumnya, hal ini terjadi ketika kerabat-kerabat atau keluarga besar bersilaturahmi. Mungkin banyak anggota keluarga yang jarang bertemu dan baru mengenal pertama kali saat acara temu keluarga itu.

Mereka pun mulai menyadari ternyata sepupunya terlihat cantik, tampan atau memiliki kepribadian yang baik. Lalu akhirnya, muncul rasa tertarik, cinta hingga memutuskan menjalin hubungan.

Baca Juga:
Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam serta Ditinjau dari Segi Kesehatan

Buya Yahya, pimpinan Pondok Pesantren Al-Bahjah, juga mendapat pertanyaan seperti ini. Penjelasannya dibagikan ke kanal YouTube Al-Bahjah TV pada 31 Juli 2018.

Menurut Buya Yahya, pernikahan dengan sepupu sendiri dalam Islam itu tidak dilarang.

“Selagi kasusnya dia hanya anak uwak (sepupu), maka anda boleh menikah dengan dia. Artinya tidak ada larangan lainnya,” ujar Buya Yahya.

Buya menekankan bahwa hukum menikahi sepupu sendiri dalam Islam adalah diperbolehkan atau tidak haram, asal tidak ada larangan yang lainnya.

Tapi kalau sepupu itu adalah sepersusuan dengan anda, maka itu tidak boleh. “Asal tidak ada mahrom-nya (larangan) lain maka diperbolehkan,” kata Buya Yahya.

Baca Juga:
Apakah Sepupu Mahram Kita Menurut Islam? Ini Dalil dan Aturannya

Ia menambahkan, “Cuman himbauannya dalam agama Islam, kalau menikah jangan terlalu dekat (kekerabatannya). Sepupu adalah terlalu dekat, tapi itu tidak dilarang.”

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS



#Hukum #Menikahi #Sepupu #Sendiri #menurut #Islam #Begini #Penjelasan #Buya #Yahya

Sumber : www.suara.com