Berita  

Senyum Adalah Ibadah, Ini Alasannya Menurut Sains

Senyum Adalah Ibadah, Ini Alasannya Menurut Sains

sdhortsoc.org – Dalam literatur Islam, senyum adalah sedekah dan merupakan salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan. Sangat dianjurkan dilakukan dalam setiap kesempatan. Hal itu juga didukung dengan studi ilmiah, senyum ternyata terbukti dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para ilmuwan psikologi dari University of Tennesse, Knoxville dan Texas A&M. Laporan studi tersebut telah dipublikasikan di Psychological Bulletin dengan judul “A meta-analysis of the facial feedback literature: Effects of facial feedback on emotional experience are small and variable”.

Penelitian itu menggabungkan data lebih dari 138 penelitian yang menguji lebih dari 11 ribu peserta dari lebih 50 tahun data pengujian. Para peneliti menemukan bahwa ekspresi wajah memiliki dampak pada perasaan kita. Ekspresi wajah dapat membuat orang merasakan emosi yang terkait dengan ekspresi tersebut.

Nicholas Coles, mahasiswa PhD di University of Tennessee dalam bidang psikologi sosial mengatakan sebelumnya, psikolog dunia tidak setuju dengan ide itu selama lebih dari 100 tahun.

“Kebijaksanaan konvensional memberi tahu kita bahwa kita bisa merasa sedikit lebih bahagia jika kita tersenyum. Atau kita bisa mendapatkan suasana hati yang lebih serius jika kita cemberut,” kata Coles dalam rilis media University of Tennessee.

“Tapi psikolog sebenarnya tidak setuju tentang ide ini selama lebih dari 100 tahun.”

Ketidaksepakatan tersebut, lanjut Coles, menjadi lebih jelas pada tahun 2016 ketika 17 tim peneliti gagal mereplikasi eksperimen terkenal yang menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat merasa lebih bahagia.

Namun menurut Cole, mereka tidak hanya fokus pada hasil dari satu studi itu saja. Psikolog telah menguji ide tersebut sejak awal 1970-an dan mereka ingin melihat semua buktinya.

Menggunakan teknik meta-analisis, mereka menggabungkan data dari 138 studi melibatkan 11 ribu peserta dari seluruh dunia. Hasilnya, ekspresi wajah terbukti memiliki dampak kecil pada perasaan. Hal tersebut membuat orang merasa lebih bahagia dan sebaliknya cemberut membuat perasaan lebih marah dan sedih.

Hipotesis umpan balik wajah menunjukkan bahwa pengalaman emosi seseorang dipengaruhi oleh umpan balik dari gerakan wajah mereka. “Untuk mengevaluasi bukti kumulatif untuk hipotesis ini, kami melakukan meta-analisis pada 286 ukuran efek yang berasal dari 138 studi yang memanipulasi umpan balik wajah dan mengumpulkan laporan emosi,” para peneliti menulis dalam laporannya.



#Senyum #Adalah #Ibadah #Ini #Alasannya #Menurut #Sains

Sumber : aceh.tribunnews.com