Berita  

Aceh Peringkat 2 Belanja Produk Dalam Negeri, HIPMI Dorong UMKM Naik Kelas

Aceh Peringkat 2 Belanja Produk Dalam Negeri, HIPMI Dorong UMKM Naik Kelas

Muhammad Nasir | Banda Aceh

sdhortsoc.org, BANDA ACEH – Aceh menduduki peringkat kedua terbesar sebagai provinsi penyumbang belanja dalam negeri. Menanggapi pencapaian itu, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Aceh pun memberikan apresiasi kepada Pemerintah Aceh.

Ketua HIPMI Aceh, Ridha Mafdhul kepada Serambinews.com, Minggu (1/5/2022) menyampaikan, keberhasilan Aceh menyerap belanja Produk lokal lebih besar daripada daerah lain, telah membawa dampak positif terhadap perekonomian dan dunia usaha di Aceh.

Katanya, dengan belanja produk lokal yang terus meningkat, maka akan ada usaha-usaha lokal yang terus berkembang. Hal itu, karena permintaan produknya yang terus meningkat ke depan.

Kondisi ini akan memberi manfaat besar bagi pelaku usaha lokal. Apalagi, katanya, pencapaian itu sejalan dengan misi HIPMI Aceh yang ingin membawa UMKM Aceh ‘naik kelas’.

Ia menegaskan, HIPMI Aceh siap bersinergi dengan Pemerintah Aceh, terkait pendaftaran barang pada katalog elektronik lokal Provinsi Aceh. Langkah itu sebagai upaya mewujudkan UMKM naik kelas.

Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Aceh sedang membuka pendaftaran barang/Jasa katalog elektronik lokal Provinsi Aceh.

Jika banyak UMKM yang terdaftar, maka akan semakin banyak barang lokal berpeluang masuk daftar belanja pemerintah.

Keberadaan Aceh di peringkat 2 penyumbang belanja dalam negeri  mengemuka dalam acara Aksi Afirmasi Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia atau Business Matching Tahap II, di Jakarta Convention Center, Senayan, Senin 25-26 April 2022.

Informasi itu sebagaimana dirilis Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, sesuai penjelasan dari Kepala Biro PBJ. Adapun realisasi belanja saat ini mencapai Rp 1,425 triliun dari RUP PDN Rp 5,330 triliun.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Aceh, T Aznal Zahri mengatakan, dalam rangka pemanfaatan belanja PDN, Pemerintah Aceh telah mengadakan e-katalog lokal untuk satu etalase yaitu rumah layak huni dengan realisasi mencapai Rp 783,83 miliar.

“Saat ini kita sedang onboard 10 etalase e-katalog lokal untuk menampung produk barang/jasa dari usaha mikro, kecil, koperasi dan menengah yang ada di Provinsi Aceh dan diharapkan tuntas kita kerjakan pada tahun ini, sehingga dapat dibelanjakan oleh pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota,” kata Aznal sebagaima rilis yang diterima Serambi, Rabu (27/4/2022).(*)

Baca juga: Angkutan Umum Hiace Pecah Ban Hingga Tabrak Tiang Listrik di Nagan Raya, Satu Penumpang Meninggal



#Aceh #Peringkat #Belanja #Produk #Dalam #Negeri #HIPMI #Dorong #UMKM #Naik #Kelas

Sumber : aceh.tribunnews.com